Cara Membuat Report Bulanan dan Tahunan pada Ms. Access

 



Report merupakan salah satu fungsi pada Microsoft Access yang dapat digunakan untuk membuat laporan mengenai data – data yang ada dalam database kita. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan report untuk membuat laporan keuntungan penjualan bulanan dan tahunan dari sebuah toko. Tata caranya pembuatannya adalah sebagai berikut :

1. Buka tab Create lalu klik Report Wizard



2. Setelah muncul menu Report Wizard, Pilih Query/Tabel yang fieldnya akan digunakan dan pilih field yang dibutuhkan dalam laporan. Jika laporan yang dibuat adalah laporan bulanan, maka gunakan field Bulan, jika laporan tahunan, maka gunakan field Tahun. Setelah itu, langsung saja klik finish. Field tanggal dilewatkan karena nantinya akan digunakan untuk pengelompokan.



3. Setelah menekan finish, maka akan muncul laporan yang dibuat. Langkah selanjutnya adalah merapihkan dan menambahkan keterangan jumlah keuntungan pada laporan. Klik kanan pada laporan, lalu pilih Design View.




4. Jika tampilan Design View dari laporan sudah muncul, maka klik kanan pada laporan dan pilih menu Sorting and Grouping.



5. Setelah muncul, klik more pada grouping yang sudah terbuat. Lakukan pengelompokan berdasarkan tanggal yang berurut sesuai tahun (jika laporan tahunan) / bulan (jika laporan bulanan), lalu tambahkan footer section untuk meletakkan keterangan tambahan. 
 



6. Tambahkan pengurutan berdasarkan IdTransaksi seperti berikut.



7. Pergi ke Tab design dan tambahkan Textbox untuk keterangan tambahan jumlah transaksi dan keuntungan. Untuk jumlah transaksi, digunakan rumus penghitungan =Count([IDTransaksi]). Untuk keuntungan, digunakan rumus penjumlahan dari perkalian antara kuantitas dan selisih harga jual & harga beli =Sum([Qty]*([HargaJual]-[HargaBeli]))




8. Hilangkan border pada textbox dengan memilih border style = transparent pada Property Sheet.



10. Klik kanan pada laporan dan klik Layout View untuk merapihkan tata letak komponen-komponen  pada laporan. Gunakan tombol arah pada keyboard agar lebih presisi.




11. Setelah dirapihkan, maka tampilan laporan akan seperti ini.



Untuk tata cara pembuatan Table, Form, dan Query dapat dilihat di link berikut:

- Table : https://mhmmd27.blogspot.com/2021/01/membuat-table-pada-aplikasi-sistem.html
- Form & Query : http://ibnuas009.blogspot.com/2021/01/cara-membuat-form-dan-query-pada.html

Comments